Kamis, 10 Maret 2011

5 film horor terseram sepanjang masa

Menentukan lima film dari ratusan atau bahkan ribuan film horor di dunia, mungkin bukan perkara mudah. Tapi jika dilihat dari larisnya film dan panasnya pembicaraan tentang film itu di berbagai media, barangkali menentukan film terseram tidak lagi sesulit yang dibayangkan. Dan inilah lima film itu!

Sampai sekarang, film-film di bawah ini masih juga jadi pembicaraan meski sudah dirilis puluhan tahun yang lalu. Ini karena efek ataupun teknologi yang digunakan tergolong inovatif dan mutakhir di jamannya.

Sekarang, dengan bantuan efek komputer dan animasi, membuat film horor lebih mudah. Dan film ini, dengan tingkat kerumitannya yang luar biasa, membuat orang mengingatnya sebagai film horor terseram!

Quote:
Spoiler for psycho:


Tidak dapat dipungkiri kalau Alfred Hitchcook adalah master dari film horor atau slasher. Psycho dianggap sebagai masterpiece dari Hitchcook yang terus diingat sampai sekarang, meski sudah berumur setengah abad. Film Psycho dirilis tahun 1960. Film ini sukses secara kualitas dan komersial. Psycho diganjar 4 buah nominasi Oscar, dan termasuk yang terbanyak untuk kategori horor.

Film ini dinilai sebagai film horor paling berhasil dan menciptakan trend setter untuk film-film horor sesudahnya. Adegan berdarah di kamar mandi selalu diingat pecinta film sampai sekarang. Film Psycho sempat diremake sebanyak lima kali, dan terakhir disutradarai Gus Van sant tahun 1998 lalu. Tapi semua sekuelnya tidak ada yang lebih bagus dari Psycho arahan Hitchcook

Quote:
Spoiler for poltergeist:


Sementara Poltergeist adalah film horor yang dirilis tahun 1982. Film ini juga sukses secara komersial dan berhasil mendapatkan tiga nominasi Oscar. Film yang disutradarai Tobe Hooper ini, naskahnya ditulis oleh Steven Spielberg.

Film yang hanya dibuat dengan biaya 10 juta dolar ini mendapat keuntungan sampai delapan kali lipatnya hanya dari pemutaran di Amerika saja dan meningkatkan kembali histeria film horor. Saking seramnya film ini, banyak orang yang waktu itu semakin memperhatikan anak-anak mereka dan itu menjadi salah satu efek positif film ini.

Quote:
Spoiler for The Exorcist:

Satu lagi film yang memasang anak-anak sebagai karakter horor utama. Film itu adalah The Exorcist yang dirilis tahun 1971 dan disutradarai William Friedkin. Plotnya sendiri bercerita tentang gadis 12 tahun yang kerasukan arwah jahat dan kedua orang tuanya berusaha keras menyelamatkannya.

Film ini termasuk dalam film horor paling sukses sepanjang sejarah karena berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak 400 juta dolar di seluruh dunia. Jumlah itu amat sangat fantastis di awal tahun 1970an. Tidak salah kalau film ini masuk kategori terseram.

Quote:
Spoiler for Silence of The Lambs:


Sementara itu, film horor thriller Silence of The Lambs juga diklaim kritikus dan pecinta film dunia sebagai salah satu film horor terseram. Dari film inilah istilah Kanibalisme atau pemakan daging manusia mulai diperkenalkan.

Film ini sukses secara komersial dan kualitas. Tidak tanggung-tanggung, lima Oscar diberikan langsung untuk film arahan Jonathan Demme ini. Diantaranya untuk Film Terbaik, Sutradara terbaik, juga Aktor dan Aktris Terbaik di tahun 1991.

Quote:
Spoiler for saw:





Di pertengahan 2000-an, muncul satu film horor baru yang mengejutkan moviegoers dunia. Film ini berjudul Saw, dan muncul pertama kali dengan diarahkan sutradara James Wan asal Malaysia. Dengan bujet hanya sekitar 1 juta dolar, film ini mampu meraup untung sampai 103 juta dolar di seluruh dunia.

Adegan berdarah dan pemotongan tubuh manusia yang disajikan secara gamblang, membuat para kritikus sepakat bahwa film yang telah dibuat sekuelnya sebanyak enam kali ini, masuk sebagai film horor paling mengerikan sepanjang sejarah.

Tidak ada komentar: